Crafting Words Sharing Deeds

Mengapa Harus Islam?

Assalamualaikum!

Sering mikir nggak, “Apa saya Muslim karena orang tua saya Muslim?” atau mungkin agama lain.

Jujur, saya sering banget menanyakan hal itu ke diri sendiri. Kenapa harus Islam? Orang-orang barat aja agamanya kebanyakan non-muslim. What if the right religion is not Islam? What if kalau pas saya udah meninggal kelak, ternyata yang saya percaya itu salah?

Dulu saya selalu berusaha untuk close case ini karena belum dapat jawaban. Sampai ada beberapa teman atheis yang saya juga merasa gagal karena belum bisa meyakinkan filosofi Islam yang sebenarnya.

I keep searching and reading, and find out that.. Yes, this is my only choice: ISLAM.

Mungkin saya gak bisa menjelaskan sedemikian baiknya seperti Dr. Zakir Naik yang MashaAllah cerdas luar biasa. Dia seorang professor dan menghabiskan bertahun-tahun untuk mempelajari semua agama. Dia hafal Quran, Bible, dan kitab-kitab agama lain. Bicara soal atheis, dia bisa kasih jawaban dalam waktu 30 menit.

Please check it out.

https://www.youtube.com/watch?v=48D468WzDeQ&ebc=ANyPxKpFd8a-ETCPJfQsEfrIOfUmH1LfOuwl7b8C416P5hoVFvk3-ZaQZmP4j_w3Uq61HZxK9TaMURV1YouXYj7SPPQ_c9Y2ig

MashaAllah.. AllahuAkbar! Jadi ketika ada yang atheist dan mencoba ajak diskusi, jangan takut. Dulu saya mikir, “kenapa rata-rata orang atheis itu orang-orang cerdas?”. Ternyata mereka memang cerdas, dan sudah melantunkan setengah syahadat “Laillaha..” (Tiada Tuhan), tinggal dilanjutkan dengan “..Illallah, Muhammadar Rasulullah”. InshaAllah.

Orang atheis bermain logika. Mereka cerdas. Maka balasnya dengan logika juga. Dengan data. Sekarang coba dibahas dari sisi Sains dan Al-Qur’an.

FAKTANYA:

  1. Dari mana bumi yang kita tinggali berasal?

Sains:

dari Tragedi Big Bang, sebuah ledakan besar yang dulunya kita adalah satu kesatuan yang utuh kemudian menjadikan terciptanya galaksi, planet-planet, matahari, dan bintang-bintang lainnya. Teori ini ditunjukkan 40-50 tahun yang lalu.

Al-Qur’an:

Surat Anbiyya [21]:30, “Dan apakah orang-orang kafir mengetahui bahwasannya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah satu kesatuan yang padu, kemudian Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tidak beriman?”

Teori BigBang ini kita ketahui sejak 40-50 tahun yang lalu. Al-Qur’an sudah menyebutkan ini sejak 1400 tahun yang lalu.

Who writes this?

  1. Apa bentuk bumi?

Sains:

Sebelumnya manusia mengira bumi itu datar. Sampai pada tahun 1577, Sir Francis Drake berkeliling dunia dan membuktikan bahwa bumi itu bulat. Sekarang kita tahu bahwa bentuk bumi bukan bulat bola, tapi lonjong yang mana memiliki kutub-kutub yang tengahnya bulat. Geo-spherical.

Al-Qur’an:

Surat An-Naziat[79]:30, “Dan Bumi sesudah itu dihamparkannya”,  bahwa bentuk bumi seperti telur. Ada satu makna kata “dihamparkannya” yang makna dari kata Arab artinya telur, lebih spesifik lagi, telur burung unta. Geo-spherical.

Teori bentuk bumi diketahui sejak 500 tahun yang lalu. Al-Qur’an telah menyebutkan bentuk bumi Gep-spherical sejak 1400 tahun lalu.

Who writes this?

  1. Apakah cahaya bulan itu cahaya refleksi atau cahaya sendiri?

Sains:

Sebelumnya kita kira bulan memancarkan cahaya sendiri., tapi sekarang kita tahu cahaya bulan bukan cahaya sendiri, tapi cahaya refleksi dari matahari.Kita baru mengetahuinya 50-200 tahun yang lalu.

Al-Qur’an:

Surat Al-Furqan [25]:61, “Maha Suci Allah yang menjadikan langit di gugusan-gugusan bintang, dan Dia menjadikan juga padanya matahari (sam) dan bulan yang bercahaya (dari refleksi)”

Untuk Bahasa Arab, matahari adalah “sam”, cahayanya selalu dijelaskan sebagai “siraj” yang artinya obor atau lampu yang bercahaya. Bulan Bahasa arabnya adalah gamar, cahaya yang selalu dijelaskan sebagai “munir” (cahaya yang berasal dari sumber lain) atau “nuur” (cahaya yang terefleksi). Tidak pernah bulan dijelaskan sebagai “siraj”, selalu “munir” dan “nuur”.

Penelitian cahaya bulan ditemukan pada 50-200 tahun lalu. Al-Qur’an sudah menyebutkan sejak 1400 tahun lalu.

Who writes this?

  1. Apakah matahari diam atau bergerak?

Sains:

Sampai 1992, sains mengatakan matahari berputar tapi tidak berotasi pada porosnya, dan statis. Sekarang sains mengatakan matahari butuh 25 hari untuk melakukansatu  rotasi.

Al-Qur’an:
Surat Anbiyya [21]:33, “Dan Dialah yang menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar dalam garis edarnya”. Kata Arab “yasbahun” , menjelaskan pergerakan dari suatu benda, yaitu matahari dan bulan, selain ia berevolusi ia juga berotasi pada porosnya.

Matahari berotasi dan revolusi menurut Al-Qur’an sejak 1400 tahun lalu. Sains mengetahui baru beberapa tahun ini.

Who writes this?

  1. Siklus Air

Sains:

Air evaporasi dari laut, menjadi awan dan bergerak menjadi bitnik-bintik air kemudian hujan dan berulang. Baru pertama kali diketahui tahun 1580.

Al-Qur’an:

Air berevaporasi dari laut membentuk awan, awan itu bergerak dan bersatu, membentuk bitnik air, dan menjatuhkan hujan, dan siklus ini berulang. Detail disebutkan di Surat Az-Zumar[39]:21, Ar-Rum[30]:24, Hijr[15]:22, Mu’minun[23]:18, Ar-Rum[30]:48,Nuur [24]:43, Nabaa[78]:12-14, A’raaf[7]:57, Ra’d[13]:17, Furqaan[25]:48-49, Yaa Seen [36]:34, Faatir[35]:9, Jathiyah[45]:5, Qaaf[50]:9-10, Waaqi’ah[56]:67-70, Taariq[86]:11.

Siklus air secara sains ditemukan 500 tahun lalu. Al-Qur’an sudah menyebutkan sejak 1400 tahun lalu.

Who writes this?

  1. Geologi: Kegunaan gunung

Sains:

Bumi kita diselimuti oleh kerak yang sangat tipis, sehingga sangat rawan dengan goncangan. Kemudian pegunungan dapat mencegah bumi dari guncangan (gempa).

Al-Qur’an:

Surat Nabaa[78]:7-8, “Kami telah menjadikan bumi sebagai hamparan, dan gunung-gunung sebagai pasak”.

Surat Anbiyya[21]:31, “Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung agar bumi tidak goncang:”

  1. Oseonologi

Al-Qur’an:

Surat Al-Furqan[25]:53,  “Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir berdampingan;yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit, dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi”

Surat Ar-Rahman ayat 19-21, “Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir yang kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak melampaui masing-masing. Maka nikmat Tuhan mana yang kamu dustakan?”

Sains:

Dua lautan yang tidak bercampur iru terletak di Selat iblatar, selat yang memisahkan benua Afrika dan Eropa, tepatnya di Moroko dan Spanyol.

AND MANY MORE SECRETS WE FIND IN AL-QUR’AN.

Subhanallah. Tentu bukan manusia yang membuat. 1400 tahun yang lalu teknologi belum canggih. Apalagi untuk masalah astronomi, geologi dan oseanografi. Fakta-fakta diatas ditemukan jauhhhhh lebih lama setelah disebutkan didalam Al-Qur’an. Who writes this? ALLAH SWT.

Semua fakta yang ditulis Al-Qur’an 80% sudah tepat. Lalu kemana sisanya 20%? 20% sisanya adalah Al-Qur’an yang membahas kehidupan setelah kematian. Surga dan neraka. Janji Allah untuk Surga bagi orang yang beriman, dan Neraka untuk orang kafir yang sudah dikeraskan hatinya dan dikunci telinganya. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang beriman.

Aamiin Allahumma Aamiin.

Menjadi seorang Muslim memang Berkah, tapi nggak mudah. Kita ada kewajiban untuk tetap mencari tahu. Semakin tahu, InshaAllah semakin takwa. Saya pun gak pernah underestimate orang atheis, karena mereka sebenarnya berpikir dengan logikanya. PR nya tinggal mereka lebih belajar lagi dengan semua agama yang ada, dan jangan mengambil satu keputusan yang mungkin baru dipahami sepenggal-sepenggal. Cobalah cari pemahaman utuh. Dan Al-Qur’an adalah panduan hidup bagi orang-orang yang berpikir.

Saya pun jujur belum paham 100%, tapi intinya harus tetap usaha gimana caranya bisa menambah ilmu sedikit demi sedikit, entah searching, streaming, baca buku, youtube, or whatever. I recommend you to see Dr Zakir Naik’s videos. Dia gak hanya mempelajari Islam, tapi semua agama. Dia hafal dengan isi kitab yang dipegang agama-agama lain.

Sekali lagi,

Maksud saya disini bukan untuk memojokan satu pihak ya. Tujuannya hanya sharing dan bisa berbagi ilmu positif, yang mana tau akan membuat teman-teman yang membaca bisa berpikir dan belajar.

Wassalamualaikum,

Dian Widayanti

6,339 Comments